logo

Peranan Utama dalam Keberhasilan Menjalani Proses Bayi Tabung

Peranan Utama dalam Keberhasilan Menjalani Proses Bayi Tabung

Pasangan yang memiliki masalah dengan infertilitas, yaitu ketidakmampuan untuk hamil setelah melakukan hubungan seksual secara teratur selama satu tahun tanpa alat kontrasepsi, kini bisa mempertimbangkan prosedur bayi tabung. Sebelum menjalani program kehamilan melalui bayi tabung, Anda perlu mengetahui persiapan apa saja yang diperlukan agar prosedur ini bisa sukses memberikan momongan bagi Anda dan pasangan.

Penanganan terhadap masalah infertilitas cenderung bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Selain perubahan gaya hidup, ada beberapa program kehamilan bayi tabung yang biasanya juga dianjurkan oleh dokter, antara lain melalui obat medis, operasi, keberhasilan inseminasi buatan dan prosedur program bayi tabung.

Beberapa peran umum pada keberhasilan menjalani proses bayi tabung, Anda perlu memahami bahwa keberhasilan siklus bayi tabung (IVF) dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Faktor spesifik pasien: Faktor seperti usia dan penyebab infertilitas, serta kondisi psikis (stres).
  2. Prosedur stimulasi ovarium: Hal ini untuk merangsang produksi sel telur.
  3. Pengalaman klinis dokter tentang IVF
  4. Fasilitas laboratorium embriologi: Fasilitas menentukan kualitas pembuahan dan pembentukan embrio.
  5. Jumlah embrio per transfer: Semakin banyak jumlah yang ditransfer, semakin besar pula kemungkinan untuk hamil, bahkan memperbesar kemungkinan kehamilan kembar.
  6. Teknik transfer embrio yang dilakukan
  7. Terapi penunjang fase luteal: Terapi ini bermanfaat untuk meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan, dan menurunkan risiko keguguran.

Oleh karena itu, pengalaman dokter dalam bidang bayi tabung dan fasilitas yang ada pada klinik IVF atau rumah sakit, sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bayi tabung.

Namun, yang tak kalah penting dengan beberapa peran diatas. Seperti yang tertulis pada feed intagram dr. Indra NC Anwar Sp.OG, bahwa peranan utama dan paling penting dalam keberhasilan mengikuti proses bayi tabung, yaitu:


"Dear Pejuang Buah Hati, Memiliki anak bukan hanya semata tergantung pengalaman Dokter dan kecanggihan teknologi yang dimiliki Klinik Bayi tabung... Berpikir positif dan kekuatan doa yang mengguncang lauhul mahfuz juga memiliki peranan utama dalam keberhasilan menjalani proses bayi tabung."

Nah, itulah beberapa peranan penting dalam keberhasilan menjalani proses bayi tabung, semoga bermanfaat!

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...