logo

Inilah Pengertian Kista, Jenis, Penyebab dan Ciri-cirinya

Inilah Pengertian Kista, Jenis, Penyebab dan Ciri-cirinya

Kista adalah kantong-kantong jaringan yang terbentuk di bawah permukaan kulit. Kantong-kantong ini biasanya berisi cairan, nanah, atau udara.

Bentuk kista itu sendiri kistik dan ada yang seperti anggur. Kantong itu bisa membesar, tapi ada juga yang ukurannya tetap. Jika kista membesar dan pecah, akan menimbulkan rasa sakit bagi penderita.

Kista digolongkan kepada tumor yang jinak, dan sering ditemukan pada organ reproduksi perempuan. Walau begitu, jika tidak ditangani dengan benar kista dapat berkembang menjadi kanker. Kista terdiri dari banyak jenis, dan yang paling sering ditemui adalah kista ovarium yang berhubungan dengan indung telur wanita.

Pengertian Kista



Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, Kista adalah kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur. Ada yang berbentuk neoplama (tumor yang bisa ganas dan jinak) dan ada juga yang non neoplasma atau bukan tumor.

Pengertian Kista Coklat

Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, Kista Coklat adalah kista non neoplasma yang berasal dari sel kelenjar endometriosis yang tumbuh di indung telur.

Jika terdapat endometriosis, apapun itu bentuknya, harus dibersihkan dan harus di program hamil karena tidak bisa hilang sepenuhnya dan bisa kambuh lagi kapan saja.

Kista coklat merupakan salah satu penyebab yang membuat sulit hamil, bukan adanya kista di indung telur. Tapi, jenis kistanya yang endometriosis. Penyebab yang menimbulkan adanya kista coklat, yaitu hormonal. Lalu, apa yang dimaksud dengan endometriosis?

Endometriosis merupakan kelenjar-kelanjar yang menyerupai kelenjar dinding rahim yang oleh sebab tertentu tumbuh di luar rongga rahim. Tampilannya bisa berupa bercak atau nodul, kista bisa tumbuh di antara otot rahim.

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Kista

Bagaimana gejala dan ciri ciri penyakit kista? Ciri-ciri dan gejala kista ovarium yang harus diwaspadai:
  1. Nyeri panggul.
  2. Perut Membesar.
  3. Rasa sakit saat bercinta.
  4. Frekuensi buang air kecil meningkat.
  5. Datang bulan tak seperti biasanya atau abnormal.
  6. Rasa sakit saat BAB.
  7. Mual atau muntah.
  8. Pendarahan.

Nah, itulah ulasan kita mengenai apa yang dimaksud dengan kista. Baik itu Kista Biasa dan Kista Coklat, gejala dan ciri ciri penyakit kista. Semoga bermanfaat..

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...