logo

Adenomiosis: Salah Satu Penghambat Kesuburan, inlah Penjelasannya!

Adenomiosis: Salah Satu Penghambat Kesuburan, inlah Penjelasannya!

Adenomyosis atau adenomiosis adalah kondisi yang terjadi ketika lapisan permukaan rongga rahim (endometrium) tumbuh di dalam dinding otot rahim (miometrium).

Meskipun wanita dengan adenomiosis sering juga memiliki endometriosis. Penyebab adenomyosis tetap tidak diketahui, tetapi penyakit ini biasanya menghilang setelah menopause. Meskipun adenomyosis dapat sangat menyakitkan, kondisi tersebut umumnya tidak berbahaya.

Berikut adalah berbagai kemungkinan yang bisa menjadi penyebab adenomiosis. Pertumbuhan jaringan abnormal yang disebut adenomioma dari sel-sel endometrium yang akhirnya mendorong dirinya ke dalam otot uterus. Sel induk di dinding otot uterus yang balik menyerang otot rahim itu sendiri.

Pengertian Endometriosis



Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, Endometriosis merupakan penyakit dimana terdapat kelenjar-kelenjar dinding rahim yang oleh sebab tertentu dan tumbuh di luar rahim.

Jika Endometriosis ini tumbuh di sela-sela otot rahim, dinamakan Adenomiosis yang merupakan penyebab rahim membesar. Yang perlu Anda ketahui juga bahwa Endometriosis dapat mengganggu kesuburan sperma.

Solusi Mengatasi Adenomiosis

Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, cara mengatasi adenomiosis yaitu Laparatomi atau Laparoskopi (LO) yang digunakan untuk mengambil jaringan sebanyak-banyaknya (reseksi). Setelah itu, program bayi tabung (IVF) baru bisa dilaksanakan.

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...