logo

Alasan Kenapa Pemeriksaan yang Berkaitan dengan Obstetrics dan Gynecology Sebaiknya Pada Waktu Haid

Alasan Kenapa Pemeriksaan yang Berkaitan dengan Obstetrics dan Gynecology Sebaiknya Pada Waktu Haid

Untuk bisa hamil, organ reproduksi wanita harus berfungsi secara optimal. Bilamana kehamilan tidak kunjung datang meski sudah berhubungan seks rutin, beberapa prosedur ini bisa digunakan sebagai alat tes kesuburan untuk memeriksakan kesehatan organ-organ reproduksi wanita.

Beberapa organ wanita yang terlibat secara langsung dan harus memiliki kinerja baik dalam sistem reproduksi, adalah rahim, tuba fallopi, dan ovarium (indung telur). Ketika salah satu organ reproduksi tidak bekerja secara optimal, maka dibutuhkan tes kesuburan sperma untuk mengetahui kondisi dan gangguan yang terjadi pada masing-masing organ tersebut.

Dokter akan melakukan beberapa tes kesuburan untuk mengidentifikasi beragam masalah yang mungkin menjadi penyebab infertilitas. Selain pemeriksaan organ-organ reproduksi, dokter juga akan melakukan tes fungsi ovulasi dan pemeriksaan hormon untuk memastikan penyebab ketidaksuburan sperma.

Lalu..

Kenapa pemeriksaan yang berkaitan dengan obstetrics and gynecology sebaiknya dilakukan pada waktu Haid?



Pada feed post instagram dr. Indra NC Anwar Sp.OG diatas telah terjawab, alasannya yaitu karena ketika haid berlangsung, keadaan rahim dan indung telur dalam keadaan istirahat. Sehingga, jika ada kelainan maka semakin mudah terlihat. Seperti kista, adenomiosis, dan jumlah sel telur yang akan dikeluarkan.

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...