logo

Apa yang dimaksud Laparoskopi (LO)? inilah Pengertian dan Tahapan Evaluasi Masalah Kesuburan

Apa yang dimaksud Laparoskopi (LO)? inilah Pengertian dan Tahapan Evaluasi Masalah Kesuburan

Laparoskopi adalah jenis prosedur bedah yang memungkinkan ahli bedah untuk mengakses bagian dalam perut dan panggul tanpa harus membuat sayatan yang besar di kulit. Prosedur ini juga dikenal sebagai operasi lubang kunci atau operasi invasif minimal.

Melalui tindakan laparoskopi dengan menggunakan alat laparoskopi, pasien bisa menghindari sayatan besar yang biasa dilakukan pada operasi konvensional. Laparoskopi berbentuk seperti sebuah tabung kecil. Alat ini dilengkapi dengan cahaya dan kamera berfungsi untuk menyampaikan gambar bagian dalam perut atau panggul ke monitor di luar.

Cara ini banyak dipilih karena memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya adalah waktu pemulihan lebih cepat, mengurangi rasa sakit dan perdarahan setelah operasi, dan mencegah timbulnya jaringan parut.

Mengenal Pengertian Laparoskopi (LO)

Menurut Wikipedia Indonesia, Pengertian Laparoskopi adalah sebuah teknik melihat ke dalam perut tanpa melakukan pembedahan besar, walaupun awalnya adalah adalah prosedur ginekologi, laparoskopi semakin sering digunakan dalam pembedahan cabang lain.

Sedangkan menurut para ahli, pengertian Laparoskopi atau operasi lubang kunci adalah prosedur bedah minimal invasif yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil di dinding perut. Laparoskopi dilakukan dengan bantuan alat berbentuk tabung tipis bernama laparoskop. Alat ini dilengkapi dengan kamera dan cahaya di ujungnya.


Namun, menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG yang merupakan Dokter Spesialis Kandungan (Obstetric Gynecologist Doctor) yang praktek di Morula IVF Bunda Internasional Clinic Menteng & Klinik Teratai LT 4 RS Gading Pluit bahwa pengertian laparoskopi (LO) merupakan suatu operasi minimal invasive surgery yang memakai bius total untuk melihat rongga perut. Pada umumnya, setelah pasien melakukan laparoskopi biasanya memerlukan perawatan satu hari pasca operasi.

Tahapan yang Diperlukan Dalam Evaluasi Masalah Kesuburan


Tahapan yang Diperlukan Dalam Evaluasi Masalah Kesuburan

Dengan laparoskopi (LO), kita bisa melihat langsung rongga perut. Apakah ada kelainan-kelainan yang mempengaruhi kesuburan atau tidak dan sekaligus melakukan koreksi terhadap kelainan yang mempengaruhi kesuburan seperti pengangkatan kista, pengangkatan MYOM, melepaskan perlengketan organ reproduksi, mengurasi volume Adenomiosis, dan lainnya.

Efek Samping Laparoskopi (LO)

Meski laparoskopi relatif aman, prosedur ini tetap memiliki efek samping. Sekitar 1-2 persen pasien yang menjalani laparoskopi mengalami komplikasi ringan seperti infeksi, mual, muntah dan memar. Di samping itu, ada juga beberapa komplikasi lain yang dapat terjadi setelah menjalani bedah laparoskopi:
  1. Kerusakan pembuluh nadi besar.
  2. Reaksi alergi serius akibat obat bius.
  3. Penggumpalan di dalam pembuluh darah.
  4. Kerusakan pada organ, seperti usus atau kandung kemih.
  5. Masuknya karbondioksida ke dalam pembuluh darah sebagai efek samping dari penggunaan gas.
Nah, itulah ulasan kita kali ini mengenal apa yang dimaksud dengan Laparoskopi (LO), seperti apa efek samping laparoskopi dan pengertian laparoskopi menurut para ahli, wikipedia,org dan dr. Indra NC Anwar Sp.OG. Semoga bermanfaat, ya!

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...