logo

Masalah TUBA: Salah Satu Penghambat Kesuburan Sperma, ini penjelasan!

Masalah TUBA: Salah Satu Penghambat Kesuburan Sperma. Ini penjelasan dan jenisnya!

Normalnya, wanita mempunyai dua tabung rahim atau disebut juga tuba falopi. Penyumbatan tuba falopi menjadi salah satu penyebab paling umum dari infertilitas atau ketidaksuburan. Dan cara menentukan metode pengobatan yang tepat untuk memperbaiki penyumbatan bisa berbeda-beda. TUBA terbagi menjadi dua yaitu TUBA Paten dan TUBA Non Paten.

Tuba falopi mempunyai tugas membawa sel telur dari ovarium menuju ke rahim. Selama proses ovulasi setiap bulannya, salah satu ovarium melepaskan sel telur ke salah satu tuba falopi yang mungkin akan dibuahi oleh sperma atau tidak. lalu, apa yang dimaksud tuba paten dan tuba non paten? yuk simak penjelasannya berikut ini..

Pengertian Tuba Non Paten

Menurut sejumlah ahli kedokteran spesialis kandungan seperti dr. Indra NC Anwar Sp.OG bahwa TUBA Non Paten merupakan penyebab terhambatnya sel tuba di daerah pangkal atau di sisi ujung kemaluan. Hal ini dapat menghambat kesuburan karena sperma tidak mungkin bertemu sel telur secara alami disebabkan oleh infeksi.



Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Indra NC Anwar Sp.OG (@indrancanwar) pada

Pengertian Tuba Paten

Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, Tuba Paten ialah keadaan dimana sel telur terbuka walau tidak berfungsi baik. Lalu, bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Tuba Paten dan Tuba Non Paten

Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, cara mengatasi tuba non paten dan tuba paten yaitu dengan membuka saluran sel telur dengan laparoskopi, terutama jika sumbatan berada di bagian ujung. Tapi, jika sumbatan berada di pangkal, umumnya sulit dikoreksi. Jika bisa dikoreksi, bisa insem. Jika tidak bisa, maka harus dilakukan dengan program bayi tabung.

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...