logo

8 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Konsultasi ke Klinik Bayi Tabung

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk berkonsultasi ke Klinik Bayi Tabung

Gangguan infertilitas yang menyebabkan pasangan sulit memiliki anak kini dapat diatasi dengan mudah berkat kemajuan teknologi dalam dunia medis. Sebab masih ada upaya yang bisa dilakukan misalnya dengan ikut program bayi tabung.

Seperti disampaikan dokter spesialis kandungan, dr Indra ND Anwar, SpOG dari Klinik Fertilitas Teratai, program bayi tabung ini sangat membantu pasangan mendapatkan keturunan karena tingkat keberhasilan yang tinggi.

"Klinik bayi tabung di Indonesia mungkin sudah banyak, secara teknologi sebenarnya sama namun yang membedakan di klinik kami adalah individunya. Ada perencanaan, skrining untuk memaksimalkan keberhasilan bayi tabung hingga 33 persen," ujarnya dr Indra..

Menurut Indra, keputusan untuk bayi tabung sepenuhnya diserahkan kepada pasien tapi dokter akan memberikan beberapa opsi. Semisal, apakah dia masih bisa melakukan program inseminasi.

"Setiap pasangan akan diedukasi terlebih dahulu. Setelah skrining, kita ingin pasangan konsul 3-4 kali saja, tidak perlu berkali-kali bila sudah ada hasilnya. Tapi disitu kita sudah bisa putuskan apakah dia benar-benar tidak bisa memiliki anak," ungkapnya.

dr Indra ND Anwar, SpOG menerangkan, pasangan bisa melakukan bayi tabung harus memenuhi syarat dan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum konsultasi ke klinik bayi tabung seperti yang tertulis pada postingan pada akun instagram nya dibawah ini:

Lihat postingan ini di Instagram

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk berkonsultasi ke Klinik Bayi Tabung ; 1. Siapkan surat nikah asli 2. Datanglah bersama pasangan Anda 3. Sebaiknya Anda datang pada hari ke 2 atau ke 3 saat Haid 4. Jika ada, silahkan membawa semua hasil pemeriksaan sebelumnya yang pernah dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun 5. Pastikan tidak ada hal-hal yang berpotensi membahayakan ibu maupun janin, jika terjadi kehamilan. Contohnya ; Jantung, hipertensi, diabetes, merokok, konsumsi alkohol dan kafein berlebih 6. Pastikan Anda dapat menyediakan waktu untuk mengikuti semua prosedur bayi tabung 7. Selaraskan pikiran (harapan) dengan realitas yang akan Anda hadapi dalam mengikuti program bayi tabung 8. Perkaya pengetahuan Anda mengenai Bayi tabung, baik melalui buku, testimoni, rekomendasi. Karena Bayi tabung biayanya relatif mahal. Anda harus paham betul apa hak dan kewajiban Anda sebagai pasien. #indrancanwar

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Indra NC Anwar Sp.OG (@indrancanwar) pada


Hal yang harus disiapkan untuk Berkonsultasi ke Klinik Bayi Tabung


  1. Siapkan surat nikah asli.
  2. Datanglah bersama pasangan Anda.
  3. Sebaiknya Anda datang pada hari ke 2 atau ke 3 saat Haid.
  4. Jika ada, silahkan membawa semua hasil pemeriksaan sebelumnya yang pernah dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun.
  5. Pastikan tidak ada hal-hal yang berpotensi membahayakan ibu maupun janin, jika terjadi kehamilan. Contohnya ; Jantung, hipertensi, diabetes, merokok, konsumsi alkohol dan kafein berlebih.
  6. Pastikan Anda dapat menyediakan waktu untuk mengikuti semua prosedur bayi tabung.
  7. Selaraskan pikiran (harapan) dengan realitas yang akan Anda hadapi dalam mengikuti program bayi tabung.
  8. Perkaya pengetahuan Anda mengenai Bayi tabung, baik melalui buku, testimoni, rekomendasi. Karena Bayi tabung biayanya relatif mahal. Anda harus paham betul apa hak dan kewajiban Anda sebagai pasien.


Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum berkonsultasi ke klinik bayi tabung untuk mengikuti program bayi tabung di Indonesia maupun di luar negeri. Semoga bermanfaat, ya!

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...