logo

Berapa sih Angka BhCG yang Menunjukkan Kehamilan?

Berapa Angka BhCG yang Menunjukkan Kehamilan?

Hormon hCG diproduksi plasenta selama masa kehamilan. Kadar hormon ini dapat diperiksa melalui pemeriksaan darah, atau terdeteksi dalam urine menggunakan testpack. Hormon ini berperan agar tubuh terus memproduksi progesteron yang mencegah proses menstruasi, sehingga kehamilan terlindung.

Kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) merupakan salah satu hal yang diperiksa dokter untuk mengontrol kesehatan dalam kehamilan. Jika kadar hCG rendah, bisa jadi sebagai tanda awal terjadi keguguran. Benarkah demikian? Yuk, cek faktanya!

Pengertian Hormon BhCG



Hormon BhCG adalah hormon kehamilan yang dihasilkan oleh embrio yang menempel di rahim. Pemeriksaan kadar hormon BhCG pada umumnya dilakukan melalui darah. Keuntungannya yaitu kita bisa mengetahui berapa kadar hormonnya didalam darah dibandingkan pemeriksaan dari urin yang hanya kualitatif.

Kadar Hormon BhCH dalam Keadaan Tidak Hamil

Menurut dr. Indra NC Anwar Sp.OG, kadar hormon BhCG dalam keadaan tidak sedang hamil yaitu kurang dari 5 mIU/ml.

Kadar Hormon BhCG dalam Keadaan Hamil

Namun, bila kadar BhCG diatas 5 mIU/ml artinya adalah embrio sudah menempel pada dinding rahim yang artinya sudah terjadi kehamilan.

Baca juga: 2 Manfaat dan Tujuan Program Kehamilan yang Harus Diketahui

Tetapi, kehamilan yang akan berkembang bagus jika kadar BhCG diatas 100 mIU/ML, kalau dibawah 100 mIU/ML, umumnya kehamilan tidak berkembang dengan baik atau mungkin terjadi kehamilan di luar kandungan.

Tags

Dokter adalah Hobi, Pengabdian adalah Cita-cita...